• polemik solat subuh

    peristiwa subuh

    ...

    tetapi insan kalau pun ada hanya
    mata yang celik di pejam lagi
    hatinya penuh benci berdengkurlah kembali
    begitulah peristiwa disubuh hari
    suara insan di alam mimpi

    ...

    (..._by raihan)


    fenomena telat solat subuh terkadang tidak hanya menjadi masalah bagi orang-orang yang solatnya masih morat-marit tapi juga polemik ini sering terjadi pada orang-orang yang keseharian solatnya udah bagus atau lengkap. padahal sudah banyak sekali artikel, buku, dan ceramah para udztad yang menyampaikan betapa beruntungnya jika kita melaksanakan solat subuh. akan tetapi bagi beberapa orang, itu belum menjadi parameter bahwa akan bisa melaksanakan solat subuh tepat pada waktunya.

    sangat disayangkan memang kalo kita ketinggalan solat subuh karena dengan kita meninggalkan solat subuh sesungguhnya kita juga sedang melepaskan banyak keuntungan yang seharusnya bisa kita peroleh. seperti hadist Rasulullah berikut "barang siapa yang menunaikan solat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah. barang siapa yang membunuh orang yang menunaikan solat subuh, Allah SWT akan menuntutnya, sehingga Allah SWT akan membenamkan mukanya kedalam neraka" (HR.Muslim, At-Tarmizi,Ibnu Majah) atau yang ini "barang siapa yang sholat isya berjamaah maka maka seolah-olah dia telah solat setengah malam,barang siapa sholat subuh berjamaah, maka seolah-olah dia telah melaksanakan solat malam satu malam penuh" (HR.Muslim)atau juga yang ini sabda Rasulullah SAW "ya Allah, berkatilah ummat ku selama mereka suka bangun subuh (mengerjakannya)" (HR.At-Tirmidzi,Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah) tidak ketinggalan juga dari sisi kesehatan. sudah cukup banyak forum dan penelitian yang mengulas tentang keutamaan bangun pada saat subuh sampai dengan saat pelaksanaan sholat subuh itu sendiri*.

    walaupun terkadang sudah mengerti keutamaannya, tidak sedikit juga orang yang meninggalkan (di sengaja maupun tidak) atau orang yang terlambat mengerjakannya. meskipun sebenarnya lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. kalaupun terjadi keterlambatan dalam pengerjaannya, Allah pun sudah memberikan rukhsah untuk mengerjakannya. seperti pada hadist rasulullah SAW berikut "siapa lupa dari mengerjakan salah satu sholat(fardhu) maka hendaklah ia mengerjakan sholat tersebut ketika ingat" (HR.Bukhori,Muslim). meskipun hadist ini tidak hanya diperuntukkan saat lalai mengerjakan sholat subuh saja. akan tetapi, mengerjakan tepat waktu itu akan jauh lebih baik keutamaannya sehingga tidak kehilangan esensi penuh dari mengerjakan solat subuh itu.

    hasil survei setelah membaca beberapa milis pertemanan dan ngobrol dengan orang-orang terdekat serta pengalaman pribadi, maka alasan yang paling sering dijumpai pada responden mengapa mereka lalai untuk dapat mengerjakan sholat subuh tepat waktu adalah: waktu tidur yang terlampau malam atau mendekati subuh.tugas kuliah yang bejibun, deadline pengumpulan yang mepet, terlena dengan suatu pekerjaan itu merupakan sedikit contoh penyebab terlalaikannya solat subuh.

    mengerikan memang jika seorang muslim bisa melalaikan sholat subuh, yah.. itu lah sisi gelap seorang manusia. karena setaat-taatnya seorang muslim jika ia masih belum mampu mengatur waktunya dengan baik maka akan ada beberapa hal yang terlalaikan dan parahnya lagi kalau yang terlalaikan itu adalah hal yang haq. naudzubillahi minzalik..

    untuk itu, marilah mulai dari sekarang, saat ini, hari ini kita rapikan kembali agenda dunia kita, agar tidak mendzolimi agenda akhirat kita. karena bagaimanapun juga, hidup di dunia hanya sementara sedangkan persinggahan akhir kita adalah akhirat.


    wallahu'alam bishawb...

    cat. :
    1.http://al-anshary.blogspot.com/2009/02/pahala-shalat-subuh-mengalahi-keindahan.html
    2.http://ais.blogsome.com/2006/04/26/rahasia-sholat-subuh (*)
    3.http://groups.yahoo.com/group/salafi-indonesia/message/850

0 komentar:

Powered By Blogger